MENYELAMI DUNIA DENGAN ILMU HINGGA MENEMBUS AKHERAT TANPA KEBODOHAN

ASSALAMU 'ALAIKUM

"Ahlan wa shalan, yaa akhi wa ukhti. jazakallahu khairan katsiiran (semoga Allah membalas lebih dan banyak) atas silaturrahim kalian ke blog saya yang fakir dan dhaif ini."

Selasa, 01 November 2011

HAHAHA! AYAM TERBANG!

Liputan6.com, Situbondo: Lomba ayam terbang. Ini mungkin tak lazim didengar.
Namun siapa sangka jika lomba tersebut ternyata kerap digelar di pesisir Pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur, seperti yang dilakukan baru-baru ini.
Lomba ayam terbang disebut juga dengan nama lomba ayam sap-sap. Artinya ayam yang terbang dari tengah laut menuju pantai.
Sebelum lomba, ayam yang menjadi peserta terlebih dahulu diberi makan dan minum. Bahkan hewan tersebut diberi pijatan ringan agar kuat terbang hingga garis finish.
Dalam lomba, ayam-ayam itu dibawa para joki ke tengah laut dengan menggunakan perahu panitia. Setiap sesi diperlombakan lima ayam untuk terbang dari laut menuju pantai yang berjarak 300 meter. Ayam yang paling cepat sampai di pantai itulah pemenangnya.
Menurut Jainur, pemilik ayam, untuk mengikuti lomba diperlukan waktu satu bulan untuk melatih ayam kampung betina. Tujuannya agar ayam bisa terbang dengan maksimal.
Lomba ayam sap-sap sudah menjadi tradisi warga pesisir Pantai Pasir Putih Situbondo. Biasanya jika ada acara di kabupaten setempat, lomba tersebut pasti digelar. Selain unik, juga bisa menarik wisatawan.(ULF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar